Rabu, 02 Juli 2008

Resensi: La Scaphandre et Le Papillon (The Diving Bell and Butterfly)

Salah satu film dengan screenplay atau naskah yang sangat bagus..
film ini merupakan film perancis dengan pendekatan sudut pandang personal..

dibuat berdasarkan kisah nyata, Jean-Do seorang editor in-chief majalah Elle (wuih...) mengalami stroke yang menyebabkan dia mengalami kelumpuhan total kecuali pada otak dan mata kirinya..

kelumpuhan ini membuat dia tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain, namun mampu memahami segala tingkah laku orang di sekelilingnya. sampai ketika seorang dokter membuat metode yang mampu memahami apa yang dia katakan melalui kedipan mata saja. satu kedipan untuk ya, dua kedipan untuk tidak dan mengedip berkali kali untuk mengutarakan sesuatu. dengan deret huruf yang harus selalu diulang-ulang setiap saat hingga terpilih huruf yang tepat satu per satu(how patient!!)




ternyata dengan kedipan mata Jean-Do mampu untuk mengkomunikasikan cerita masa lalunya dengan seorang relawan yang mencatatnya menjadi sebuah buku.. pada film ini digambarkan dengan flash back.

film yang indah dengan makna dalam.. seperti film festival lainnya, alurnya lambat, hampir selambat film perancis lainnya La Vie En Rose. namun secara penggarapan La Scaphandre lebih tertata. sebuah film yang mengajarkan kita untuk tetap kuat dan terus berusaha dengan berbagai keterbatasan yang ada. hidup terlalu berharga untuk disia-siakan..

menurut saya sendiri (BP of course...) film ini sangat layak mendapatkan Oscar untuk adapted screenplay dan director untuk Julian Schnabel (seperti di Goden Globe). Namun saya No Country for Old Men (Viva Anton Chigurkh) yang sangat Amerika itu terlalu "disukai" juri Oscar.. so. bisa disimpulkan sendiri..

Hemm...




so BP's rate = 8/10

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hmmm..
Aduh...
Blog ini dik, menggambarkan kamu bgt. habise film semua. dan 1 lagi, film barat..
sesuai bgt ma kamu.
mbak jadi tahu film2 terbaru ama info2 terbaru nih.. tahu aja kalo mbak tuh minim informasi dihutan kayak gini..
Jangankan film dik, berita di jawa aja kadang2 aja gak bisa up to date kecuali berita yang heboh2..

Dik..
jujur nih, bahasa nya pakai bahasa spanyola ya? Pasado.. Presente.. Futuro..

Kasih gih foto2 mbak gt, atau ntar ajarin mbak ya cara bikin blog ya..

Tahu gak dik, kemarin akbar ultah lho, mama kasih dia kue tart. dan tahu gak apa yang dia bilang : "Yesssss". Lucu bgt kan? anak 5 tahun.. Jadi pengen pulang deehh, kangen ama jawa.

Akhirnya,maju terus ya dik.. pokok nya belajar semua yang kamu bisa.
semangat.. mbak dukung dikau..

About Me

Foto saya
Moody, badan berisi (gemuk.. hwehe).. sexy. seneng jalan-jalan n berteman..

Lagu.....