Kamis, 03 Juli 2008

Resensi: El Orfanato (The Orphanage)... Saatnya Horror Spanyol berjaya...


Apa yang dapat seseorang simpulkan dari film horror pada masa ini...

Film horror Hollywood: Gory Movies (Saw Series, Hostel, dll) dan remake mengecewakan dari horror Asia (Dark Water, The Eye, The Grudge 2 hingga yang terbaru Shutter, pengecualian untuk The Ring 1 yang cukup sukses karena menggunakan sutradara aslinya dari Jepang).

Film Horror Indonesia: Hantu-hantu bergentayangan dengan jumlah terbanyak adalah sosok wanita berambut panjang dan berbaju putih.

potensi yang seharusnya mampu digarap oleh produser dan sutradara menjadi sia-sia karena mutu yang jeblok dan cerita yang terlalu dipaksakan, hanya demi mengejar keuntungan semata.

beruntung masih terdapat film horror bermutu diantaranya adalah El Orfanato ini. Film Spanyol yang memiliki arti "Panti Asuhan" ini mengambil sudut pandang psikologis dimana kengerian tidak hanya dibangun dari penampakan saja melainkan berbagai trik psikologis yang ada di dalamnya.

Film ini berkisah mengenai Laura (Belle Rueda) yang merupakan mantan anak yatim piatu. Setelah menikah dan memiliki seorang anak, dia berniat untuk membeli panti asuhan yang dulu dia tinggali. ternyata anak Laura, Simon mengatakan bahwa terdapat anak-anak laki-laki lain yang berada di panti asuhan tersebut dan menjadi teman sepermainannya. Ayah Simon, Carlos beranggapan bahwa itu hanyalah imajinasi Simon saja mengingat panti asuhan tersebut telah lama kosong. Namun, setelah beberapa lama, sang Ibu mengalami berbagai kejadian aneh yang pada akhirnya menuju ke suatu kesimpulan bahwa terdapat sesuatu hal yang dapat mengancam keluarga tersebut..

secara umum, kisah yang ada terkesan umum layaknya film horror Indonesia, akan tetapi terdapat nilai lebih dalam film ini yaitu penggarapan yang serius dan mengedepankan berbagi tekanan psikologis yang memberikan ketegangan merata dari awal hingga akhir. bukan ketegangan yang terjadi sewaktu-waktu yang diakibatkan penampakan atau ilustrasi musik yang mengagetkan.

Bukan menjadi suatu kejutan mengingat produser film ini adalah Benicio del Toro, orang yang bertanggung jawab atas kesuksesan film fantasi kelam "El Labirinto del Fauno" atau Pan's Labyrinth.

dengan demikian poin yang dapat kita ambil di sini adalah adanya keinginan produser atau sutradara untuk memproduksi film yang bermutu, tidak ada salahnya memproduksi film horror asalkan bermutu, bukan dengan eksploitasi berlebihan. Lama kelamaan apresiasi masyarakat terhadap film nasional akan semakin meningkat. Sebagai catatan pula, dengan mutu yang bagus, film El Orfanato menjadi film terlaris di Spanyol tahun 2007.


so BP's rate = 7/10

2 komentar:

Unknown mengatakan...

gotcha,,

blog bimo memakan korban,, aku jadi pingin nonton..
hahaha!

temenin nonton yo bim? hehe bareng icabiyem, dedy..

Anonim mengatakan...

hihihihi....

About Me

Foto saya
Moody, badan berisi (gemuk.. hwehe).. sexy. seneng jalan-jalan n berteman..

Lagu.....