Jumat, 25 Juli 2008

Resensi: Dark Knight


Installment Batman terbaru ini memang sangat mengesankan. Penulis baru saja menonton sehari sebelum ujian final pra MM berlangsung.. Jadi agak nekat,,,
Film ini sebenarnya secara ironis "dipublikasikan" secara gratis akibat kematian Heath Ledger dikarenakan kelebihan dosis obat tidur. dalam film ini Heath berperan menjadi musuh utama sekaligus musuh paling kuat dari Batman yaitu Joker..

Film ini justru lebih menonjolkan peran Joker yang memang penulis akui sangat bagus dan mencerminkan jiwa Joker, berbeda dengan pendekatan Jack Nicholson yang sangat komikal dan layaknya badut, peran Joker di sini sangat mengedepankan kengerian sifat psikologis yang mengarah ke gila. Bukan berarti Joker yang diperankan oleh Nicholson buruk, keduanya memiliki kelebihan masing-masing. hanya saja Joker versi Ledger jauh lebih mendekati versi komiknya yang benar-benar sadis.

Film ini masih disutradarai oleh Christopher Nolan yang merangkap sebagai penulis naskah bersama saudaranya Jonathan Nolan. film ini masih dibintangi pula oleh para pemeran dari film Batman Begins, diantaranya Christian Bale sebagai Batman, Morgan Freeman sebagai Lucius Fox, Michael Caine sebagai Alfred, ditambah dengan beberapa tokoh baru. selain Ledger sebagai Joker, terdapat Maggie Gylenhall sebagai Rachel Dawes, love interest dari Batma yang ironisnya merupakan kekasih Dent menggantikan Katie Holmes yang dianggap mengecewakan, kemudian Aaron Eckhart sebagai Harvey Dent alias Two Face yang pada awalnya merupakan jaksa wilayah kota Gotham namun akibat kematian Rachel Dawes maka dia berubah menjadi penjahat dengan alias Two Face.


Film ini dibuka dengan adegan Joker merampok Bank yang ternyata uangnya kebanyakan dimiliki oleh mafia kota Gotham. Dalam perkembangannya para mafia yang merasa terancam akan munculnya Batman kemudian menyewa Joker untuk membunuh Batman. maka kemudian dimulailah trik Joker dalam memburu Batman dengan mulai membunuh satu per satu tokoh penting di Gotham. Ketika keadaan menjadi genting maka Dent mengaku sebagai Batman. pada adegan kejar-kejaran antara Joker, Dent dan Batman, Joker tertangkap. Namun ternyata terdapat pengkhianat di kepolisian yang berakhir dengan penculikan Dent dan Rachel. Joker sendiri memberi dua pilihan untuk menyelamatkan Dawes atau Dent, pilihan sulit tersebut akhirnya membuat Batman memutuskan untuk menyelamatkan Dent. Namun Dent mendapatkan luka bakar di muka. pertikaian Joker yang berhasil kabur dari penjara dengan Batman semakin menjadi-jadi, Joker berhasil menghasut Dent sehingga dia menjadi psikopat seperti Joker. Pada akhirnya pertarungan Batman dengan Joker berakhir dengan kemenangan Batman namun terkesan masih menggantung. Two Face sendiri dikisahkan jatuh dan mati. Tidak ingin Dent dianggap sebagai penjahat maka Batman mengorbankan diri menjadi kambing hitam atas korban-korban Dent.

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, kekuatan film ini terletak pada akting Ledger sebagai Joker dan penulisan cerita yang dalam, berbeda dengan kebanyakan cerita superhero lainnya yang biasanya mengorbankan segi cerita demi efek pertarungan yang wah.. ceritanya dan settingnya kelam yang memungkinkan anak-anak kecil yang menonton menjadi mengantuk.. well film ini memang bukan konsumsi anak kecil... and Why so Serious.. hahaha

so BP's rate = 9/10

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Joker is the best.. sayang seribu sayang,,, Ledger telah wafat padahal potensi aktingnya luar biasa..

Anonim mengatakan...

Mbak Indy : Jujur Dik....

Mbak nyesel bgt blm bisa nonton ni film (Hiks2...) Gimana bisa nonton hr terakhir mbak training tgl 18 Juli di Banjarmasin.. waaaa..

Akhirnya dengan sedikit bersemangat, mbak hanya bisa nonton, three must getir.. (OPo kuwi???)..

POkoknya ntar ni dik, mbak akan balas dendam kalo pas ke Jakarta ma Jogja, Hantam aja,, Pa lagi ma "Dark Night"..

Klo blh mbak kasih comment ni ma film ini, walau hanya bisa tahu dr baca koran... (hiks2, sambil melap air mata pake tissue bekas..)

Kayaknya ndak ada yg bisa ngalahin Heath Ledger... hehehe

Habise Wajahe medeni gt, mbak aja ampe ndak bs tidur berhari2,, kebawa mimpi (opo iku..) Maksude gn dik, Kayane gak ada deh tokoh jahat yang lebih mengerikan dibandingkan heath ledger. Tahu gak dik, dia tuh ampe gak mau lepas topeng dan make up joker nya, biar dia bs menyatu ntu ma peran walau ampe retak2..(Kayak mbak kalo maskeran suka retak2 ya?)..

Yang lebih hebat ni, Dia ampe sengaja mengurung diri selama 1 bulan di Kamar Hotel nya agar bisa menjiwai perannya.. (Mungkin nek mbak, dah gatel2. ndak bisa diem, rasane pengen nangis, pengen nampar.. uppsss salah).

Harapan mbak nih, aktor apik kayak Alm Haeth Ledger jadi dapat Piala Oscar ya.. Moga2 aja (Ayo berdoa rame2.. mungkin pas malem senin) besok kan puasa.. mantaappp..

Once AGain, Jadi gak sih dik dia dapat Psthumous? Opo Kuwi yang penghargaan buat org2 yang dah death? Bener to mbak? hehehe


Hmmm.. Dah larut ni di Tanjung Tabalong,, Mbak bobox dl ya.. Besok masih ngurus gaji niih.. Mosok 1300 kryw mau nangis, karena gajian telat. hahahaha..

Sukses dik, semangat.. Tgl 8 Agt mbak cuti ya... Sambut dengan pelukan mesra ya.. hahaha (mestio dosen mu nguyu) :)

Anonim mengatakan...

haha..

ternyata banyak yang tertarik pada ledger...

karena dah meninggal juga makanya jadi promosi gratis

About Me

Foto saya
Moody, badan berisi (gemuk.. hwehe).. sexy. seneng jalan-jalan n berteman..

Lagu.....